--> DOCUMENT MASNET QUR'AN

PUASA ITU SEHAT



Tips Sehat Berpuasa –, khususnya yang Muslim, mengenai tips sehat berpuasa, cara sehat puasa atau tips-tips agar tetap Fit selama berpuasa selama sebulan penuh. Kadang ada seseorang  yang membatalkan puasanya hanya karena alasan saya tidak sanggup berpuasa,(sebenarnya alasan yang tak logis dan tidak dengan iman) saya lapar sekali, nanti saya sakit. Nauzubillah … hanya gara-gara anda lapar, anda takut sakit, sehingga tidak menjalankan perintah wajib agama,lapar puasa adalah bukan kelaparan yang anda takutkan http://daengbattala.com/sajak-orang-lapar/  yakni shaum atau berpuasa di bulan ramadhan.yakinlah segala perintahNYa  itu manfa’at dan segala laranganNya itu ada madlarat,orang yang menjalankan puasa ramdlan  sebulan penuh kesehatan akan di dapat karena janjiNYA adalah pasti”” wama ataku minar rasul fa’tu wama nahakum fan’tahu””,banyak telah ku baca hadits nabi yang menceritakan  sehatnya orang  puasa dan  manfaat nya bagi iman dan mental.   baca  http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=3&dn=20080604170729

Tips Sehat Berpuasa
Memang jika kita berpuasa, so pasti agak loyo untuk pertama kali, tapi itu tetap sehat koq, kan!! hikmah dari berpuasa itu sendiri salah satunya adalah merasakan lapar dan haus seperti yang dirasakan oleh kaum duafa.. Perintah agama islam itu mudah Koq, Kan...!!! kita cuman berpuasa mulai terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari pula. Dan sebelum kita start berpuasa, ada namanya makan”” sahur,”” antara jam 2 samapai jam 4 dini hari. Dan makan sahur ini sangat dianjurkan oleh Nabi SAW, seperti dalam  sabda Beliau: Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan. (Shahih Muslim No.1835)
Dan jika sudah tiba waktu berbuka puasa, hendaknya berbuka puasa itu disegerakan, seperti Hadis nabi SAW:  Dari Sahal Ibnu Sa’ad ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Muttafaq Alaihi.
Ok.. bagi anda yang bolong-bolong puasanya pada tahun-tahun sebelumnya, silahkan tahun ini bertekad untuk berpuasa sebulan penuh, jangan hanya karena alasan takut lapar, takut sakit, lalu kita meninggalkan perintah wajib berpuasa.
Berikut ini saya akan berikan sedikit tips agar selama puasa selama sebulan penuh kita semua tetap sehat dan fit. simaklah selengkapnya tips sehat berpuasa ini.
Tips Sehat Berpuasa
=> Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka
Maksudnya, jika makan sahur, jangan terlalu cepat, usahakan makan sekitar jam 3.30, dan jika tiba saatnya berbuka, jangan menunda-nunda untuk berbuka, segeralah berbuka dengan yang manis-manis terdahulu, misalnya kolak, setelah itu dilanjutkan dengan menyantap hidangan nasi., Tapi ingat jangan balas dendam yach..;
=> Menu selama Puasa usahakan ekstra gizi
Maksudnya, pilih menu-menu yang bergizi untuk santap sahur dan berbuka puasa, menu-menu bergizi itu belom tentu mahal kan!!, yang penting ekstra gizi(tempe,daging onta/oncon tahu ,sayur2an). makanan di toko-toko terdekat. jangan lupa 4 sehat 5 sempurna, sudahi santap sahur dan berbuka puasa anda dengan segelas susu.(lo bisa ,lo ngak bisa air meneral itu lebih bagus)
=> Tetap beraktifitas selama Puasa
maksudnya, jangan tidur mulu selama berpuasa walau tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah, tetap lakukan aktifitas keseharian, tetapi so pasti volumenya dikurangi sedikit. Tetap olahraga ringan agar vitalitas tubuh tetap terjaga.
 Itulah sedikit artikel mengenai tips sehat berpuasa di

Ramadhan

, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Bagi para pembaca, jika ada tips-tips agar tetap sehat atau fit selama berpuasa,


perjalana lebih indah kalao iman datang dengan ilham
http://www.facebook.com/home.php#!/note.php?note_id=155324947850891

No comments:

Post a Comment