--> DOCUMENT MASNET QUR'AN

MANUSIA DAN CINTA KASIH


Cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh rasa belas kasihan. Di samping pengertiannya yang hampir bersamaan, terdapat perbedaan antara cinta dan kasih. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya. Bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Menurut ajaran Islam, cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah SWT, Rasulullah SAW dan berjihad di jalan Allah SWT. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta kerabat, keluarga, harta dan tempat tinggal.
Dalam Al Qur’an dijelaskan tentang bentuk-bentuk cinta, yaitu cinta kepada DIRI (QS 100:8, QS 41:49), cinta kepada sesama MANUSIA, cinta SEKSUAL (QS 30:21), cinta KEBAPAKAN (QS 19:4-6, QS 12:84, QS 11:45), cinta kepada ALLAH SWT (QS 3:31) dan cinta kepada RASUL.
Cinta juga terdiri dari 3 unsur pendukung agar cinta terasa sangat bermakna, yaitu :
  1. Keterikatan
  2. Keintiman
  3. Kemesraan
Dan bila digambarkan dengan segitiga cinta, yaitu sebagai berikut :
untitled2
Cinta memiliki tiga tingkatan, yaitu ;
  1. Cinta tingkat tinggi
  2. Cinta tingkat menengah
  3. Cinta tingkat rendah
Dimana tiga tingkatan tesebut didapat di dalam Alqur’an.
CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
Berbagai jenis cinta menurut yang saya baca yang saya ketahui adalah :
  1. Cinta diri
  2. Cinta kepada manusia
  3. Cinta seksual
  4. Cinta kebapakan
  5. Cinta kepada Tuhan
  6. Cinta kepada rasul
Keenam jenis cinta di atas merupakan jenis cinta yang didapat dari kitab suci agama Islam, dan karena saya beragama Nasrani, maka saya tidak dapat menyebutkan ayat-ayat yang terdapat dalam kitab suci Alqur’an dimana yang saya tahu, terdapat ayat-ayat yang berhubungan dengan jenis-jenis cinta.
KASIH SAYANG
Cinta kasih sayang adalah perasaan sayang , perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.Itu menurut kamus besar bahasa Indonesia. Contoh ksih sayang dari orang tua yaitu :
  1. Orang tua bekerja mencari nafkah tanpa kenal lelah untuk menghidupi keluarganya.
  2. Ibu yang 9 bulan mengandung tanpa pamrih, dan setelah melahirkan, masih harus membesarkan anak-anaknya tanpa kenal pamrih sedikitpun.
  3. Sentuhan kasih sayang ibu yang sangat lembut ketika seorang anak masih berbentuk bayi merah.
Dan masih banyak lagi contoh kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya.
KEMESRAAN
Kemesaraan berasal dari kata mesra yang berarti perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pri wanita yang sedang dimabuk asamara maupun yang sudah berumah tangga.
PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah sau manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dlam bentuk komunikasi ritual. Karena cinta manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan , maka segala bentuk pemujaan akanwajib dilakukan sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
BELAS KASIHAN
Pengertian dari belas kasihan adalah bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain.
Sedangkan terdapat cara-cara untuk menumpahkan belas kasihan sangat beragam tergantung dari cara dan kemampuan ekonomi masing-masing. Ada yang member uang, ada yang menghibur dengan membuat tertawa orang yang sedang mengalami kesusahan, dan masih banyak lagi.
CINTA KASIH EROTIS
Cinta kasih erotis merupakan cinta yang didasari dengan rasa memiliki yang berlebihan, sehingga tidak mempedulikan orang di sekitarnya. Cinta erotis jug sering dikaitkan dengan hubungan seksual antar pasangan. Cinta erotis ini juga merupakan perasaan cinta yang sangat mendalam antar pasangan.

http://suhendraprasetya.ngeblogs.com/2010/04/07/manusia-dan-cinta-kasih/ 

No comments:

Post a Comment